free geoip Yuk Kenali Manfaat Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak - Bimbingan Konseling

Yuk Kenali Manfaat Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Manfaat olahraga memang sudah tidak terhitung lagi jumlah. Dari mulai kesehatan jantung, tubuh, pikiran, sampai dengan mengatasi stres pun bisa didapatkan dengan berolahraga.  Di samping itu, olahraga juga bisa dilakukan oleh semua kalangan dan manfaatnya pun bisa didapatkan oleh semua kalangan pula, termasuk anak-anak.

Manfaat Olahraga Pada Anak

Manfaat yang paling umum didapat anak dari olahraga adalah stimulus yang baik. Saat anak berolahraga, tubuhnya akan bergerak dan aktif melakukan gerakan. Nah, cara inilah yang nantinya dapat menstimulus perkembangan tubuh anak.  Bukan itu saja, manfaat kegiatan olahraga untuk anak pun sangat beragam. Jadi, tidak hanya menstimulus perkembangan anak saja.

Ini Dia Manfaat Olahraga untuk Anak yang Harus Anda ketahui!

Manfaat dari kegiatan olahraga untuk anak sendiri tidak hanya satu, melainkan banyak. Bahkan beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh anak. Penelitian di Centers for Disease Control misalnya.

Menurut penelitian tersebut, masalah terbesar dari perkembangan anak di Amerika adalah obesitas, sehingga diperlukan kegiatan seperti olahraga untuk mengurangi resiko dari obesitas itu sendiri. Dengan berolahraga, lemak jahat dalam tubuh anak akan terbakar dan berkurang. Dengan begitu, tubuh anak akan terbebas dari obesitas dan Ia pun akan tumbuh dengan sehat.

Namun manfaat olahraga untuk perkembangan anak tidak hanya sampai di situ, karena di bawah ini  adalah beberapa manfaat lain yang dapat Anda peroleh saat mengajak anak Anda berolahraga. Umumnya, manfaat-manfaat tersebut merupakan manfaat kesehatan dan perkembangan untuk anak.

Lalu, seperti apakah manfaat-manfaat tersebut? Nah, ini dia penjelasannya:

Mempercepat pertumbuhan

Olahraga menuntut anak untuk bergerak aktif, seperti berlari, berjalan, bersepeda, atau pun kegiatan lain. Saat kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan, lapisan sendi pada anak pun akan menebal dan beberapa organ seperti jantung, paru-paru, dan beberapa organ tubuh lainnya pada anak juga akan berkembang dan bekerja secara maksimal.

 Meningkatkan kesehatan anak

Selain membuat tubuh anak jadi tumbuh lebih cepat, kegiatan ini juga akan membuat tubuh anak menjadi lebih sehat dan terjaga dari beragam penyakit. Manfaat olahraga tersebut diperoleh dari  stimulasi sistem imun yang lebih terjaga karena  oksigen yang masuk ke tubuh anak lebih banyak saat berolahraga.

 Memberikan keceriaan untuk anak

Berolahraga tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi juga untuk menjaga kondisi psikis dan keceriaan anak. Dengan olahraga, anak jadi lebih ceria, terlebih lagi jika olahraga tersebut dilakukan bersama teman sebayanya. Anak pasti akan sangat senang dan gembira saat melakukan kegiatan ini.

Meningkatkan kinerja otak

Menurut penelitian di Michigan State University’s Institute, anak yang gemar berolahraga cenderung memiliki kecerdasaan yang lebih tinggi. Hal tersebut karena peningkatan Hormon Endorfin yang dapat memicu perkembangan dan kreativitas otak pada anak.

Mengajarkan kerja sama

Manfaat olahraga untuk psikis anak yang satu ini terkadang jarang disadari orang tua. Padahal, beberapa olahraga justru membuat anak lebih bisa untuk bekerja sama. Pasalnya, Beberapa olahraga beregu akan mengajarkan untuk saling kerja sama, kekompakan, dan strategi tim demi mencapai kemenangan.

Adapun untuk jenis olahraga yang dimaksud adalah:

  1. Sepak bola
  2. Bola baket
  3. Bola voli
  4. Sepak takrau

Mengajarkan nilai sportivitas pada anak

Dengan berolahraga, khususnya olahraga beregu, anak akan jadi lebih sportif dan memiliki sikap sportivitas yang baik. Ya, olahraga sendiri mengajarkan anak untuk bersikap sportif, harus siap menerima kemenangan dan kekalangan dengan baik. Saat menang, mereka dituntut untuk rendah hati dan tidak sombong. Dan saat kalah, mereka pun harus menerimanya dengan ikhlas.

Itulah beberapa manfaat olahraga untuk pertumbuhan dan berkembangan anak. Semoga setelah membaca manfaat-manfaat di atas Anda semakin yakin kalau olahraga untuk anak itu sangat baik dan harus dilakukan secara rutin dan teratur.