free geoip Trik Mudah Memandikan Bayi Untuk Pertama Kali - Bimbingan Konseling

Trik Mudah Memandikan Bayi Untuk Pertama Kali

Memandikan bayi sebenarnya merupakan aktivitas harian yang harus dilakukan bunda. Tetapi bagi wanita yang baru punya momongan, memandikan bayi adalah aktivitas yang bisa dibilang sedikit “horor”. Mungkin anda juga merasakannya?

memandikan Bayi

Apalagi ketika pertama kali memandikan bayi. Wow, rasa takut, cemas dan takut salah akan dirasakan. Bahkan terkadang ada yang tidak mau memandikan bayinya dan lebih menyerahkan kepada orang lain. Jangan begitu bunda! Anda harus menyelesaikan tanggung jawab ini.

Nah, disini kami akan berikan khusus untuk anda triknya dalam memandikan bayi ketika pertama kali. Bagaimana triknya? Yuk langsung simak saja informasi di bawah ini bunda!

Trik Memandikan Bayi Ketika Pertama Kali

Tentunya anda harus menghilangkan rasa takut dan cemas anda terlebih dahulu. Kemudian baru anda mulai memandikan bayi anda. Untuk pertama kali, trik memandikan bayi yang tepat adalah :

Mandikan Di Waktu yang Tepat

Sebelum menyiapkan air untuk digunakan mandi si bayi,  pastikan dulu bahwa anda memandikannya di waktu yang tepat. Ini artinya bahwa anda memandikan si bayi setelah luka di perut akibat tali pusar benar – benar kering dan sembuh. Biasanya luka di tali pusar bayi bisa sembuh dalam waktu dua minggu pasca melahirkan.

Jika anda ingin membersihkan tubuh si bayi sebelum lukanya kering, anda cukup membilas tubuhnya dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat tanpa harus memandikannya di bak mandi.

Mandikan Dengan Gerakan yang Benar

Setelah luka di tali pusar kering, anda bisa mulai mengajaknya mandi di bak mandi. Upayakan anda menyiapkan bak mandi dan air hangat dalam takaran yang tepat supaya bayi tidak kedinginan atau kepanasan. Mandikan bayi dengan cara dan gerakan yang benar. Anda bisa mempelajarinya di buku panduan bayi yang biasanya diberikan oleh bidan.

Gunakan Sabun Sedikit Saja

Tak perlu merendam bayi lama – lama di bak mandi. Langsung saja anda beri air dan kemudian beri sedikit sabun yang lembut. Jangan digosok badan si kecil, cukup oles – oles saja sabunnya kemudian bilas. Dan bersihkan dengan handuk sebelum anda mengenakan pakaian untuk si bayi.

Itulah bunda beberapa informasi yang kali ini bisa kami berikan. Semoga informasi diatas mengenai Trik Memandikan Bayi Ketika Pertama Kali bermanfaat. Selamat mencoba bunda. Jangan menyerah ya .