free geoip Tips Menulis Biodata Diri Di Media Sosial - Bimbingan Konseling

Tips Menulis Biodata Diri Di Media Sosial

Contoh Biodata Diri – Apa yang sering Anda lakukan jika harus menuliskan biodata diri di kolom biodata pada media sosial yang membatasi jumlah karakter? Bingungkan? Menuliskan biodata diri di media sosial memang terbilang gampang gampang susah. Kalo sudah bingung seringkali kolom ini dilewatkan begitu saja dan dibiarkan kosong. Padahal biodata diri Anda di media sosial dapat menentukan seberapa potensialnya diri Anda bagi para pengunjung. Terlalu cepat mengklik tombol ‘close’ sebelum melihat data diri Anda selengkapnya adalah hal yang dapat merugikan diri Anda sendiri. Kesempatan Anda untuk mendapatkan peluang dari pengunjung profil Anda akan semakin kecil. So, buatlah biodata diri Anda dan jangan dibiarkan kosong.

Contoh Biografi

Jika masih bingung apa yang harus dilakukan, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengisi biodata diri Anda di media sosial.

Tunjukkan jangan ceritakan:

Apa yang sudah Anda kerjakan? Itulah yang seharusnya Anda tulis, bukan menceritakan diri Anda secara langsung. Jangan tulis bahwa Anda kreatif tapi tunjukkan portofolio yang sudah Anda kerjakan yang bisa menunjukkan bahwa Anda kreatif. Misalkan: hasil desain web atau video kreatif yang pernah Anda buat. Jika perlu sebutkan satu per satu.

Tulis kata kunci (keywords) yang spesifik

Biodata diri Anda sebisa mungkin menunjukkan keahlian Anda yang spesifik di suatu bidang tertentu. Tulis kata-kata yang spesifik fokus pada hal-hal yang Anda kuasai. Anda dapat menuliskan pekerjaan Anda, komunitas Anda dan hal-hal yang biasa Anda lakukan sehari-hari (contoh buat komik jepang). Profil media sosial Anda akan sangat mudah ditemukan oleh mesin pencari jika Anda menuliskan kata kunci yang spesifik pada biodata diri Anda. Dan itu akan membuat Anda mudah ditemukan oleh orang lain yang mencari orang dengan keahlian yang Anda miliki.

Jangan gunakan kata yang sering dipakai

Sempurna memang baik dan penting bagi profil media sosial Anda. Namun jika kata-kata yang digunakan adalah yang sering digunakan orang lain juga, biodata Anda menjadi tidak unik. Sangat disarankan untuk tidak menuliskan kata-kata yang seringdipakai orang lain, terlebih itu adalah  kata-kata general seperti mahasiswa, programmer, desainer, dll. Sebaiknya gunakan kata-kata seperti mahasiswa S1 Sistem Informasi Universitas Telkom, programmer enterprise edition, desainer grafis ilustrasi, online internet 24 jam, Dll.

Jawab pertanyaan dari pengunjung yang bertanya

Jangan biarkan pengunjung yang bertanya di profil Anda berlalu begitu saja. Biasakan untuk berkomunikasi dengan mereka yang bertanya ataupun berkomentar. Apapun prestasi Anda dan siapa pun diri Anda pengunjung/pengikut diri Anda biasanya bertanya kenapa mereka harus mengikuti Anda dan apa untungnya bagi mereka. Jawablah agar biodata profil Anda tetap memiliki reputasi baik

Humor dikit, jangan terlalu serius

Semua orang itu menyukai humor, jangan terlalu serius di media sosial. Orang lain akan senang melihat profil media sosial Anda yang unik dan mungkin lucu. Anda dapat menuliskan hal-hal yang lucu ataupun berbeda dari biasanya untuk memancing orang lain tertawa. Paling tidak membuat orang lain tersenyum ketika melihat profil Anda lebih banyak disukai dan diminati orang lain dibandingkan dengan profil yang terlalu serius dan bersifat formal

Perbaharui biodata diri anda sesering mungkin

Keterampilan Anda, bidang yang diminati dan keahlian itu akan berkembang, jadi perbaharuilah agar profil Anda. Periksa setiap profil media sosial Anda secara berkala. Itu akan mencerminkan diri Anda saat ini.

Selamat Mencoba


Source : https://blog.bufferapp.com/how-to-write-a-professional-bio-for

Incoming search terms:

error: Content is protected !!