free geoip Tips mencegah Mata Agar Tidak Kelelahan - Bimbingan Konseling

Tips mencegah Mata Agar Tidak Kelelahan

Setiap bagian dari wajah menyimpan bagiannya sendiri untuk menyumbang kecantikan yang diperlihatkan oleh wajah. Mata adalah salah satunya. Tak heran, banyak perawatan atau rangkaian make up yang dikhususkan untuk mata agar wajah terlihat cantik.

Mengatasi Mata Lelah

Mencegah Kelelahan Mata
Sebagai bagian vital yang selalu digunakan sepanjang hari sampai sebelum tidur, terkadang mata kita tak cukup mendapatkan istirahat. Hal ini menyebabkan mata kita terlihat kuyu, menandakan kelelahan. Dengan mata yang lelah, tentu sulit bagi kita untuk bisa tampil cantik dan segar, karena mata adalah bagian menonjol dari wajah.

Mata lelah bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya pencahayaan yang kurang baik. Dalam kondisi cahaya yang redup, mata kita akan bekerja dengan lebih keras. Untuk mencegah kelelahan mata, aturlah cahaya di ruangan saat anda beraktivitas di dalamnya. Pastikan tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup agar mata dapat bekerja normal.

Bekerja dalam rentang waktu yang lama di depan komputer atau laptop juga merupakan salah satu penyebab mata lelah. Jarak yang dekat antara mata dengan layar memaksa sel otot mata kita bekerja lebih keras dibanding harus melihat benda dari jarak jauh. Alihkan pandangan anda untuk melihat apapun yang berada dalam jarak jauh ketika mata anda mulai terasa lelah saat berhadapan dengan layar ataupun membaca buku. Cara ini dapat mencegah kelelahan mata, membuat mata kita lebih santai dan mengurangi resiko mata lelah.

Melakukan apapun dalam jangka lama dan intensitas yang tinggi tentu akan menyebabkan kelelahan pada bagian tubuh yang sering digunakan. Begitu pula yang terjadi dengan mata anda. Jika anda seringkali terlibat dalam aktivitas yang banyak mempekerjakan mata, misalnya membaca buku, mengetik atau berhadapan dengan layar computer/laptop, atau bermain game, dalam jangka waktu yang lama, anda perlu meluangkan waktu untuk mengistirahatkan mata. Anda bisa berbaring tanpa melakukan aktivitas agar mata bisa beristirahat total. Jangan paksa mata anda untuk beraktivitas yang tidak perlu, misalnya mengecek jejaring sosial, seusai melakukan akivitas seharian penuh. Kurang tidur memang dikenal sebagai penyebab umum mata tampak lelah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika mata anda terlanjur terlihat lelah. Banyak trik-trik make up yang bisa anda terapkan. Namun, alangkah baiknya jika anda melakukan tips yang lebih alami seperti mengoleskan pelembap di area sekitar mata, memijat area sekitar mata untuk melancarkan cairan getah bening, dan mengompres dengan sebongkah es, atau memakai masker mata dapat dilakukan untuk mencegah kelelahan mata.