free geoip Tanaman Jarak Yang Kaya Manfaat - Bimbingan Konseling

Tanaman Jarak Yang Kaya Manfaat

JARAK (Jatropa curcas L ), Tanaman Kaya Manfaat – Tahukah anda kalau tanaman jarak( Jatropa curcas L. ) bisa menjadi salah satu bakan bakar alternatif ? Tanaman jarak ini dikenal sebagai jarak pagar, merupakan tanaman semak yang tumbuh dengan cepat hingga mencapai ketinggian 3-5 meter. Tanaman ini tahan kekeringan dan dapat tumbuh dengan curah hujan 200 mm hingga 1500 mm per tahun.

tanaman-jarak

Tanaman jarak memerlukan iklim yang kering dan panas terutama pada saat berubah. Tanaman jarak tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Tanaman ini tergolong tanaman hari panjang yaitu memerlukan sinar matahari secara terus-menerus dan secara langsung sepanjang hari. Pada saat usia 5 tahun, tanaman ini mempunyai buah berbentuk ellips dengan panjang satu inchi dan memiliki 2-3 biji. Usia tanaman ini bisa mencapai 50 tahun. Pada saat ini cara menanam jarak masih dilakukan sederhana yaitu dengna menanam biji jarak pada tanah.

Sekarang bagian mana dari tanaman jarak yang bisa dimanfaatkan ? Iya benar, yang bisa dimanfaatkan dari tanaman jarak ini adalah akar, biji, daun dan minyak dari bijinya. Bagian daun bisa dimanfaatkan sebagai obat koreng, eczema, gatal, batuk sesak dan hernia. Bagian akar digunakan untuk rematik sendi, tetanus, epilepsy dan lainnya. Bagian biji digunakan untuk menyembuhkan susah buang air besar.Buah dari biji jarak ini juga menghasilkan minyak dengan cara mengekstraksi dengan menggunakan mesin pengepres atau menggunakan pelarut.

Komposisi kimia pada biji dan minyak jarak. Biji jarak terdiri dari 75% kernel (daging biji) dan 25% terdiri dari kulit. Minyak jarak mempunyai kandungan asam lemak. Biji jarak mempunyai komposisi kimia 54% minyak, 13% karbohidrat, 12,5% serat, 2,5% abu, 18% protein, kandungan asam lemak minyak biji jarak Asma Asam Risinoleat 86%, Asam Oleat 8,5%, Asam Linoleat 3,5%, Asam Stearat 0,5-2,0%, Asam Dihidroksi Stearat1-2%. Nah, sekarang bagaimana cara untuk menghasilkan minyak dari biji jarak ? Ada beberapa cara yaitu cara pertama, biji jarak dijemur selama dua hari, setelah itu biji jarak dipecahkan untuk memisahkan antara daging dan kulit biji jarak. Daging biji jarak digiling dan diperas. Yntuk 3 Kg biji jarak akan menghasilkan satu liter minyak jarak. Cara yang kedua adalah membungkus 50 Kg biji jarak selama satu jam. Kemudian daging buah dihancurkan dengan blender. Jarak yang sudah dihancurkan dimasukkan ke dalam mesin tempa minyak,kemudian jarak tersebut diperas dengan menggunakan dongkrak hidrolik sammpai menghasilkan minyak.

Bagaimana, cukup banyak bukan manfaat dari tanaman jarak ini walaupun tanamannya sudah mulai langka. Untuk itu mari kita tanam kembali pohon jarak yang kaya akan manfaat ini.