free geoip Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok - Bimbingan Konseling

Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok

Strategi Layanan BK Kelompok – Bimbingan dan konseling dapat diberikan kepada siswa berdasarkan sifat masalahnya baiak secara pribadi atau individu (orang per orang) atau layanan bimbingan dan konseling kelompok atau group. Layanan bimbingan dan konseling kelompok dilakukan terhadap sekelompok siswa atau klien yang mempunyai permasalahan dan berupaya mencarikan alternatif pemecahan masalah untuk kelompok tersebut.

Source google image

Source google image

Layanan bimbingan dan konseling kelompok dapat dilakukan apabila terdapat beberapa orang siswa atau klien yang mempunyai kebutuhan-kebutuhan atau jenis masalah yang sama atau hampir serupa. Layanan bimbingan dan konseling kelompok dapat juga dilakukan apabila ada suatu jenis permasalahan yang menyangkut seorang individu baik siswa atau klien namun bersangkutan atau berhubungan dengan orang lain, seperti masalah yang menyangkut hubungan kerjasama antara seorang individu dengan individu lainnya, atau permasalahan seorang individu namun mempunyai kepentingan dengan individu lainnya seperti berhubungan dengan masalah toleransi atau tenggang rasa ataupun masalah mengenai interaksi sosial lainnya.
Layanan bimbingan dan konseling kelompok dapat difasilitasi untuk dilaksanakan baik secara formal maupun informal. Pelaksanaan bimbingan konseling kelompok secara formal dapat dilakukan dengan cara seperti diadakan diskusi kelompok, atau ceramah yang melibatkan kelompok tertentu dengan cara pembimbing memberikan saran dan masukan serta bimbingan lainnya dengan cara berceramah atau presentasi, dan lainnya, atau dapat juga dilakukan dengan remidial teaching dengan pengajaran yang berisi treatment cara-cara menyelesaikan masalah yang ada, bisa juga dalam bentuk pendidikan dan latihan, simulasi dan lainnya.
Layanan bimbingan dan konseling kelompok dapat juga dilakukan dengan cara informal yang dilakukan secara santai namun tetap dalam suasana yang memungkinkan untuk dilakukannya bimbingan kelompok. Pelaksanaan bimbingan konseling kelompok secara informal dapat dilakukan seperti dalam acara karyawisata atau rekreasi, pada tempat terbuka yang sejuk dan indah dapat dilakukan bimbingan kelompok bisa dilakukan sambil ramah tamah atau makan-makan sehingga suasana sangat akrab dan memungkinkan terjadi interaksi yang hangat dan bersukaria jauh dari ketegangan atau tekanan-tekanan. Cara lain melaksanakan layanan bimbingan konseling secara informal diantaranya dengan mengundang profesional atau orang yang ahli seperti dokter, psikolog, pendidik, ahli agama, konsultan pendidikan, dan lainnya, untuk berceramah memberikan masukan-masukan atau solusi-solusi atas masalah kelompok, bisa juga dilakukan sambil tanya jawab pada pokok-pokok masalah yang sedang dicari berbagai alternatif penyelesaiannya.
Dengan koseling kelompok ini dapat diambil manfaatnya yang lebih luas dimana para siswa atau klien dapat belajar bekrjasama dalam satu team untuk memecahkan masalah secara bersama-sama, selain itu dapat digunakan sebagai ajang silaturahmi, belajar menyampaikan pendapat dan berbagai hal positif lainnya.

Demikianlah Penjelasan Mengenai Layanan Bimbingan Konseling Kelompok, Semoga bermanfaat


Sumber: Team Dosen, Psikologi Kependidikan untuk Mahasiswa Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Bandung, 1990.

error: Content is protected !!