free geoip Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Individual - Bimbingan Konseling

Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Individual

Strategi Layanan BK Individual – Layanan bimbingan dan konseling apabila ditinjau dari segi masalah yang dihadapi atau sifat masalahnya, ada masalah-masalah yang bersifat umum yang bisa diselesaikan secara kelompok, namun ada masalah-masalah yang menyangkut kepribadian atau menyangkut masalah seorang individu yang berhubungan dengan pribadi yang dalam, dalam arti masalah tersebut tidak layak diketahui oleh orang-orang lainnya karena mungkin akan menyangkut harga diri seorang siswa atau keluarganya yang harus dijaga kerahasiannya.

Source google Image

Source google Image

Seorang pembimbing atau konselor ketika menghadapi masalah-masalah seperti ini dapat melakukan layanan bimbingan dan konseling secara individual atau secara khusus dengan siswa yang bersangkutan. Masalah yang timbul mungkin menyangkut masalah-masalah yang berhubungan dengan aspek-aspek emosional, moral, atau kesulitan belajar yang memerlukan latihan-latihan yang harus dilakukan dengan penuh ketekunan oleh individu tersebut. Proses yang dilakukan oleh koselor dapat berupa wawancara atau berupaya menggali informasi yang dibutuhkan menyangkut individu yang bersangkutan atau keluarga juga lingkungan masyarakat sekitarnya untuk dianalisa (diagnosa) dan dicarikan penyebab masalah dan alternatif solusinya.

Layanan bimbingan dan konseling secara individual biasanya ditujukan kepada seorang individu seperti siswa atau klien, yang di dalamnya berisi proses-proses pemilihan dan pengambilan keputusan yang harus dilakukan oleh pribadi bersangkutan untuk membuka kesadaran, pemahaman dan tanggungjawabnya sebagai seorang individu. Dengan demikian diharapkan setelah selesai melakukan bimbingan dan menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan keputusan-keputusan diambil atas inisiatif individu itu sendiri akan menjadikan individu yang bisa menerima kenyataan bahwa dirinya bermasalah dan menyadari letak masalahnya serta mampu mengambil keputusan untuk solusi-solusinya, sampai akhirnya dalam waktu selanjutnya individu yang bersangkutan mampu memperbaiki diri dan menjauhi penyebab-penyebab masalahnya agar ia tidak terjerumus kembali kepada masalah yang sama, bahkan individu tersebut diarahkan agar mampu mandiri dan memunculkan daya produktif dan daya kreatifnya untuk membangun dirinya atau kelompoknya.
Layanan bimbingan dan konseling secara individual bila ditinjau dari sisi tujuan utamanya adalah membantu siswa atau klien untuk membuat struktur dari masalah yang dihadapi, lalu diarahkan agar siswa atau klien tersebut menyadari dan tahu pasti masalah sebenarnya, disisi lain siswa atau klien secara psikologis diberi dorongan untuk senantiasa percaya diri, optimis, dan selalu berpikir positif bahwa ia mampu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan demikian siswa atau klien didorong semangat dan kegairahannya untuk dapat merubah dan memperbaiki diri serta didorong untuk dapat bersosialisasi kembali dan bisa memberi kontribusi positif terhadap kelompok, atau keluarganya.

Demikian Artikel tentang Layanan Bimbingan Konseling Individual, Semoga Bermanfaat


Sumber: Team Dosen, Psikologi Kependidikan untuk Mahasiswa Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Bandung, 1990.