free geoip Stop Pujian Palsu! Mulailah Memuji Anak Dengan Benar - Bimbingan Konseling

Stop Pujian Palsu! Mulailah Memuji Anak Dengan Benar

Apakah anda tipe orang tua yang suka mendidik anak dengan memujinya? Mendidik anak dengan memberikan pujian – pujian boleh saja dilakukan akan tetapi jika anda memujinya dengan pujian palsu, ini harus anda hentikan.

Mother Kissing Her Daughter for a Present and Red Rose --- Image by © Royalty-Free/Corbis

Mother Kissing Her Daughter for a Present and Red Rose — Image by © Royalty-Free/Corbis

Mengapa? Karena pujian palsu tidak baik bagi perkembangan psikologi anak. Pujian palsu juga bisa membuatnya memiliki naluri kesombongan. Karena itu mulailah dari sekarang untuk mendidik anak dengan pujian yang benar. Puji jika memang dia memiliki prestasi sebagai rewards atas pencapaian yang dia lakukan.

Lantas, seperti apa pujian yang baik dilakukan untuk memberikan rewards kepada anak? Disini kami akan berikan ulasannya untuk anda bunda!

Mendidik Anak Dengan Pujian yang Benar

Dilansir dari laman www.justmommies.com, memberikan pujian kepada anak tidak boleh dengan pujian palsu karena bisa membuatnya menjadi orang yang pamrih. Upayakan anda memuji anak dengan benar sebagai rewards untuk dia. Dan kami akan berikan ulasannya untuk anda disini!

Beri Pujian Atas Hal – Hal yang Layak

Jangan anda biarkan anak berpikir tentang reward dulu. Jika anda terlalu sering memberikan pujian kepada si buah hati, bahkan pujian ini anda lontarkan untuk hal – hal yang kurang layak pada akhirnya anak anda akan belajar bahwa bagaimanapun cara yang ia gunakan, selama hasilnya baik pujian akan datang menghampirinya.

Tentu ini akan merusak mentalitas si anak pada akhirnya. Sebab pada akhirnya ia tidak akan pernah belajar tentang bagaimana cara berusaha untuk memperoleh prestasi dan akan mulai melakukan kecurangan untuk mencapai apa yang ia inginkan. Tentu anda tidak ingin anak anda melakukan kecurangan bukan? Oleh sebab itu beri pujian hanya atas hal – hal yang layak.

Tunjukkan Ketulusan Ketika Memuji

Ketika anda akan memuji si anak yang mungkin memperoleh prestasi atau berhasil pada bidang tertentu dan tentunya pujian ini anda berikan secara layak, berikan pujian dengan ikhlas. Lontarkan pujian dengan penuh kasih sayang seraya anda mencium keningnya atau memeluknya. Hal ini supaya dia tahu betapa bangganya anda terhadap dia. Dengan begitu anak bisa merasakan kasih sayang anda lebih banyak lagi.

Beri Pujian Secara Spesifik

Spesifik dalam melontarkan pujian juga penting. Hindari memberikan pujian yang ambigu seperti “Good job!”. Sebagai gantinya beri pujian dengan kalimat “Good Job! Bunda suka dengan gambar yang kamu buat sayang!”. Dengan pujian yang spesifik membuat anak menjadi tahu bagian mana tindakannya yang layak mendapat pujian.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami berikan sehubungan dengan Mendidik Anak Dengan Pujian yang Benar bermanfaat. Terapkan dan dapatkan hasilnya yang memuaskan.