free geoip Pengertian Bimbingan dan Konseling Islam - Bimbingan Konseling

Pengertian Bimbingan dan Konseling Islam

Pengertian BK Islam – Pengertian Bimbingan dan konseling secara umum merupakan suatu bentuk bantuan bagi individu tertentu, melalui serangkaian proses; pengenalan diri, pemahaman diri, pengarahan diri, dan penyesuaian diri, yang dilakukan terhadap dirinya sendairi atau lingkungannya, agar individu tersebut mencapai perkembangan dan kebahagiaan yang optimal.

kartun-laki-dialog

Dalam Islam bimbingan dan konseling yang mengandung pengertian dari bentuk bantuan yang ditujukan untuk membantu individu:
– Mengenal diri dan memahami diri sesuai hakikat sebenarnya;
– Menerima keadaan diri sendiri dengan segala keadaan baik dan buruknya, yang merupakan suatu refleksi atas takdir Allah swt baginya
– Menerima situasi dan kondisi atau keadaan yang dihadapinya
– Menemukan beberapa alternatif pemecahan masalah yang dihadapinya
– Memperkirakan akibat dari tindakan-tindakannya

Dalam pengertian ini ada beberapa hal yang dapat dipetik dari pengertian bimbingan dan konseling, yaitu:
– Bimbingan dan konseling merupakan suatu bentuk bantuan;
– Bantuan merupakan suatu bentuk petunjuk atau saran yang datang dari luar diri;
– Namun bantuan tersebut ditujukan kepada seseorang untuk mengenal dan memahami dirinya sendiri.
– Pengenalan diri sendiri tersebut dapat berupa pengenalan tentang potensi dirinya sebagai manusia ciptaan Allah yang diberi beberapa potensi di dalam dirinya supaya digunakan dan dimanfaatkan untuk melaksanakan tugas yang diberikan Allah sebagai pencipta kepadanya. Tugas itu berupa tugas ibadah (mengabdi) kepada Allah dan tugas khalifah untuk memakmurkan alam semesta.
– Pemahaman tentang berbagai potensi dirinya untuk melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya tersebut merupakan bentuk pengembangan diri untuk menjawab berbagai permasalahan hidupnya.
– Seseorang yang telah mampu memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi dirinya berarti ia telah mampu mengembangkan potensi dirinya secara optimal. Dengan demikian diharapkan ia akan mampu mengatasi masalah diluar dirinya yang berkaitan dengan masalah lingkungan sosial atau masyarakat dimana ia berada.
– Pada akhirnya apabila seorang individu telah mampu mengatasi persoalan di dalam diri dan di luar dirinya (lingkungan), ia akan mampu menyelaraskan dirinya dengan lingkungannya, dengan demikian hidupnya akan diliputi keselarasan yang membawa kepada kebahagiaan bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya.
– Inilah arti bimbingan dan konseling dalam hubungannya dengan pandangan keagamaan, dimana berawal dari pengenalan diri dan berproses pada pemecahan masalah yang ada di dalam dan di luar dirinya, dan berakhir dengan keseimbangan yang tentunya membawa kebahagiaan lahir dan batin.
Dalam Islam, bimbingan merupakan tugas manusia muslim, dimana telah dicontohkan oleh Rosulullah Muhammad s.a.w yang membimbing umat Islam pada waktu itu. Bimbingan dari rosulullah s.a.w tersebut diteruskan oleh para sahabat beliau, dan akhirnya diteruskan dan diturunkan atau diwariskan dari generasi ke generasi sampai sekarang. Bimbingan yang dilakukan oleh Rosulullah Muhammad s.a.w merupakan wahyu dari Allah berupa Al-Qur’an dan sunnah beliau s.a.w, yang digunakan sebagai petunjuk untuk memecahkan permasalahan diri-diri (individu) manusia, masyarakat manusia dan alam semesta, berupa pemahaman hakikat diri manusia, pemahaman peranan, tugas dan fungsinya sebagai khalifah dan abid (tugas ibadah) di dunia ini agar mencapai keseimbangan hidup di dunia dan bertujuan untuk mencapai kebahagiaan di dunia ini dan di akhirat kelak.