free geoip Pengembangan Bimbingan dan Konseling Islam - Bimbingan Konseling

Pengembangan Bimbingan dan Konseling Islam

karakter+dan+personal+power+pengembangan+pribadi-300x283

Bimbingan dan konseling Islam sebagai bantuan yang ditujukan untuk pemecahan masalah yang menyangkut diri pribadi, individu maupun kelompok. Bimbingan dan konseling Islam dapat dimanfaatkan dan dikembangkan menurut bidang-bidang yang berhubungan dengannya. Pengembangan bimbingan dan konseling Islam dapat terapkan diantaranya pada bidang-bidang sebagai berikut:

  • Bidang pendidikan
    Bimbingan dan konseling Islam isi materi atau cara-cara yang digunakan menurut ajaran Islam dapat digunakan untuk membantu para siswa atau mahasiswa yang mengalami masalah-masalah yang dihadapi dalam kaitannya dengan belajar mengajar, seperti kesulitan belajar, tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik, atau masalah masalah lain yang berhubungan dengan krisis kejiwaan, seperti pencarian konsep diri ayang berhubungan dengan kepribadian, dan lainnya. Bimbingan dan konseling Islam sebagai suatu bantuan dari ahli sangat dibutuhkan bagi para siswa yang bermasalah agar mereka dapat berkesempatan membenahi diri mereka sendiri yang sedang dalam masa pubertas atau masa pencarian jati diri yang jika dibiarkan tidak terarah dan tanpa bimbingan dikhawatirkan akan menyebabkan berbagai bentuk kenakalan remaja. Dengan bimbingan ajaran Islam berupa keimanan, keibadahan dan akhlak Islami, diharapkan siswa akan mendapat pencerahan sehingga dapat menemukan konsep diri yang sejatinya akan mereka bawa terus kepada masa dewasanya kelak.
  • Bidang dakwah dan psikoterapi
    Bimbingan dan penyuluhan Islam sebagai diambil dari Al-Irsyad yaitu bimbingan yang dilakukan melalui cara-cara yang berkaitan dengan dakwah Islam seperti ta’lim atau menuntut ilmu (pengkajian), Nashihah (nasehat yang baik), atau Isytisyfa (pengobatan) penyakit-penyakit kejiwaan seperti kesombongan, keluh kesah, tidak bersyukur dan lain sebagainya, dengan bimbingan dari segi ilmu untuk kemudahan hidup dan dzikir untuk ketenangan jiwa serta metode bisa membantu klien memperbaharui atau menambah keimanan serta ketaqwaan kepada Allah sehingga hidup dapat dijalani dengan baik.
  • Bidang psikologis
    Bimbingan dan konseling Islam dapat dikembangkan sesuai dengan bidang psikologis, yang secara umum menggunakan psikologi klinis, dimana gejala-gejala kejiwaan yang bermasalah didiagnosa dan dicari akar penyebabnya, lalu di cari alternatif pemecahan masalahnya, sehingga kepribadian yang mengalami masalah seperti kegelisahan, ketakutan yang sangat, keresahan, dan lain sebagainya dapat dibantu pemulihannya. Dengan menggabungkan teori psikologi dengan konsep Islam akan menghasilkan perubahan kepribadian ke arah yang Islami yang dilandasi nilai keimanan dan tauhid serta nilai ketaqwaan kepada Allah swt.

 


 

source : berbagai sumber


Incoming search terms:

error: Content is protected !!