free geoip Hindari Kesalahan Ini Ketika Melakukan Toilet Training Pada Anak - Bimbingan Konseling

Hindari Kesalahan Ini Ketika Melakukan Toilet Training Pada Anak

Melatih anak untuk memakai toilet sendiri atau yang sering disebut dengan istilah toilet training merupakan aspek pelatihan yang sangat penting dalam mengasuh anak. Dengan melatih anak untuk pergi ke toilet sendiri sama artinya memberikan pelatihan anak untuk bisa hidup mandiri. Selain itu dengan melakukan toilet training tugas anda bisa jadi lebih mudah.

toilet training

Namun terkadang ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan bunda ketika mengajarkan tentang toilet training pada anak. Bunda mau tahu apa saja kesalahan yang sering dilakukan dalam mengajarkan toilet training pada anak? Kami akan berikan informasinya untuk anda!

Kesalahan yang Wajib Dihindari Dalam Melakukan Toilet Training

Memang terkadang ada beberapa kesalahan yang dilakukan bunda ketika mengajarkan toilet training pada anak. Akibatnya anak jadi trauma dan tidak mau melakukannya lagi. Disini kami akan uraikan tentang apa saja kesalahan yang wajib bunda hindari dalam melakukan toilet training pada anak. Yuk simak informasinya!

Terlalu Cepat

Sebagai orang tua anda harus tahu bahwa setiap anak punya tahap perkembangan yang berbeda. Memang sampai saat ini masih belum ada penelitian yang menyebutkan mulai usia berapa yang menjadi usia terbaik mengajarkan toilet training kepada anak. Tetapi umumnya anak akan siap dengan toilet training ketika ia berusia 1 tahun.

Terburu – Buru

Disebutkan dalam laman www.justmommies.com bahwa anak selalu belajar segala hal baru dalam kehidupannya secara bertahap. Seperti halnya belajar toilet training ini juga bertahap. Upayakan anda mengajarinya ketika anak sudah bisa belajar berjalan. Dan jangan memaksakan diri supaya anak langsung bisa toilet training tetapi latih dan dampingi pula setiap saat.

Memarahi

Seringkali orang tua merasa tidak sabar ketika mengajarkan toilet training kepada anak. Rasa tidak sabar ini yang kemudian memicu rasa marah ketika anak kurang tanggap dengan apa yang diajarkan. Akibatnya anak merasa terbebani dan bisa jadi trauma. Untuk itu hindari memarahi anak ketika anda sedang mengajarkan sesuatu, termasuk toilet training. Latihlah ia secara pelan dan bertahap.

Itulah sedikit informasi yang kali ini bisa kami sampaikan mengenai Kesalahan yang Wajib Dihindari Dalam Melakukan Toilet Training. Semoga dapat menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

error: Content is protected !!