free geoip Hindari Hal ini dalam Mendidik Anak - Bimbingan Konseling

Hindari Hal ini dalam Mendidik Anak

Menjadi orang tua yang punya anak usia 4 sampai 5 tahun memang bisa dibilang gampang – gampang susah. Menjadi orang tua yang terlalu toleran tidak baik, tetapi menjadi orang tua yang abai juga semakin tidak baik lagi.

Source : google image

Source : google image

Dan beberapa waktu, orang tua juga akan menemukan situasi dimana anak tidak patuh terhadap perintah, malas mengerjakan sesuatu dan asyik bermain sendiri. Situasi ini yang kemudian membuat bunda merasa cemas, khawatir dan terkadang dilema.

Nah, apapun situasi sulit yang sedang bunda hadapi, ada beberapa aspek yang harus anda hindari dalam mendidik anak. Mau tahu apa saja aspek yang harus dihindari ini? Kami akan ulas informasi lengkapnya berikut ini!

Aspek yang Harus Dihindari Dalam Mendidik Anak 

Bagi anda para bunda, jangan mengeluh. Coba sabarkan diri anda dalam mendidik anak, utamanya anak yang usianya sekitar 4 sampai 5 tahun. Bantu tumbuh kembang mereka bunda. Dan bunda juga harus tahu ada beberapa aspek yang harus dihindari dalam mendidik anak. Yang pertama adalah :

Mendidik Dengan Kesombongan

Memang tidak terlalu banyak orang yang sadar jika terkadang ia menampakkan kesombongan terhadap anak. Misalnya saja anda menceritakan sesuatu yang memberikan kesimpulan kepada dia tentang kesombongan. Ataupun anda kurang terampil mengajak dia berbicara. Ini bisa menciptakan karakter sombong kepada anak dan tentu saja sikap yang semacam ini harus ekstra anda hindari.

Melanggar Janji

Ketika anda membuat janji kepada anak, jangan pikir ini adalah hal yang sepeleh dan anak akan lupa dengan janji yang anda buat. Ini adalah langkah awal didikan yang salah. Jika anda suka ingkar janji, bisa jadi kepribadian anak yang terbentuk adalah suka ingkar janji pula. Karena itu jika memang anda sudah punya janji kepada dia, maka tepatilah janji anda bagaimanapun caranya J

Bicara Kasar

Stop hal ini bunda! Semarah apapun anda, hadapilah dengan sabar dan tenang. Jangan bicara kasar kepada anak apalagi dengan mengeluarkan tutur kata yang tidak layak. Ajarkan tentang bagaimana kesabaran terhadap dia. Dan jika memang anda sedang bertengkar dengan sang ayah, upayakan jangan dihadapan anak karena ini bisa membentuk pribadi anak yang kurang baik.

Nah bunda, sekarang anda sudah tahu bukan apa saja yang harus anda hindari dalam mendidik anak? Semoga informasi yang kami berikan kali ini mengenai Aspek yang Harus Dihindari Dalam Mendidik Anak  bermanfaat.