free geoip Fungsi Bimbingan dan Konseling Islam - Bimbingan Konseling

Fungsi Bimbingan dan Konseling Islam

Fungsi BK Islam – Bimbingan dan konseling Islam pada prinsipnya berfungsi untuk membantu memecahkan berbagai masalah atau kesulitan-kesulitan yang dialami diri pribadi, individu atau kelompok yang dilakukan dengan cara-cara Islami.

fungsi Bimbingan Konseling Islam
Fungsi bimbingan dan konseling dalam hal bantuan untuk memecahkan berbagai masalah, dapat dibagi dalam dua bagian besar, diantaranya:
1. Fungsi preventif
Fungsi preventif berarti pencegahan yang dilakukan agar tidak timbul masalah atau kesulitan-kesulitan yang berarti kepada seseorang.

2. Fungsi korektif
Fungsi korektif mengandung pengertian menanggulangi atau mencari alternatif pemecahan masalah (solusi), yang sedang dialami seseorang.
Sebagian ahli menambahkan fungsi bimbingan dan konseling Islam memiliki fungsi untuk senantiasa menjaga agar keadaan seseorang yang sudah baik seperti maslah-masalah sudah terpecahkan, tidak berbalik kembali kepada keadaan yang buruk.
Fungsi preventif atau pencegahan dilakukan konselor terhadap klien yang tidak mempunyai masalah berarti namun memiliki potensi untuk terkena masalah, baik potensi itu sudah mulai nampak tanda-tanda atau gejala-gejala yang diperkirakan akan berdampak kurang baik atau indikasi akan bermasalah, atau seseorang yang tidak bermasalah namun bisa terimbas oleh individu lain yang sedang bermasalah. Contoh sederhana seorang remaja yang berkepribadian baik lalu diajak teman-temannya mulai bergaul dan berfoya-foya pada acara-acara di “dunia malam”, ia mulai keluyuran di malam hari mencari hiburan atau ugal-ugalan di jalan raya, padahal seharusnya belajar atau mengaji lau istirahat untuk persiapan esok pagi. Hal ini sudah merupakan gejala bahwa remaja tersebut akan bermasalah kalau ia tidak pandai menjaga diri, namun adakalanya dapat terkena imbas dari orang lain atau teman-temannya yang sudah bermasalah.
Dengan terapi yang baik berupa pengajian atau majelis keilmuan yang menguatkan keimanan dan kefahaman akan agama, majelis nashihah, atau mejalankan shalat dan dzikir sebagai penerang hati dan ketenangan jiwa, maka perilaku seperti di atas yang dikhawatirkan menimbulkan masalah-masalah dapat dicegah sedini mungkin.
Fungsi korektif atau menanggulangi masalah yang sedang dihadapi sangat tepat dilakukan dengan bimbingan dan konseling Islami, baik dilakukan pada wilayah keilmuan seperti ta’lim atau nashihah yang memberi solusi dengan jalan pencerahan akal agar bisa keluar dari kesulitan, atau wilayah dzikir dan psikoterapi lain yang memberi solusi dengan ketenangan dan keteguhan jiwa, kesabaran, ketawakalan, dan sikap-sikap lain yang diharapkan dapat mengundang rahmat dan karunia Allah supaya masalahnya segera diangkat sehingga ia terbebas dari masalah.

Demikinan Mengenai Fungsi BKI atau Bimbingan Konseling Islam, Semoga Bermanfaat