free geoip Bunda, Yuk Cari Tahu Ragam Ketakutan yang Terjadi Pada Anak - Bimbingan Konseling

Bunda, Yuk Cari Tahu Ragam Ketakutan yang Terjadi Pada Anak

Bunda sudahkah anda memberikan perhatian ekstra kepada si buah hati? Coba bunda perhatikan sikap dan gerak – gerik buah hati anda. Apakah ia memiliki perilaku yang cenderung sama didalam dan di luar rumah? Atau ada perbedaan perilaku ketika buah hati di dalam dan di luar rumah?

anak-takut1

Misalnya saja buah hati cenderung pemberani di dalam rumah tetapi jadi penakut di luar rumah. Sebenarnya peristiwa ini wajar saja bunda, apalagi kalau anak sedang berada di usia 2 sampai 5 tahun. Seiring dengan pertambahan usianya, apa yang menjadi ketakutan mereka akan berkurang dengan sendirinya.

Lantas, kira – kira apa ya yang membuat anak merasa takut? Berikut ini kami akan uraikan beberapa jenis ketakutan yang umumnya dialami oleh anak – anak. Yuk simak informasinya bunda!

Jenis Ketakutan yang Terjadi Pada Anak

Mungkin bunda bingung ketika anak tiba – tiba menangis tanpa sebab. Ini bisa jadi terjadi karena mereka sedang takut. Disini kami akan berikan penjelasannya untuk bunda mengenai beberapa ragam ketakutan yang sering terjadi pada anak. Yang pertama adalah :

Separation Anxiety

Separation Anxiety ini adalah jenis rasa takut karena mereka harus berpisah dengan ayah atau bunda. Misalkan saja ketika anda hendak pergi ke dapur dan anda meninggalkannya di ruang tamu atau di kamar sendirian, anak akan menangis dan meminta anda kembali ke sampingnya. Ini yang biasa disebut dengan separation anxiety.

Stranger Suspicion

Ini adalah jenis ketakutan anak karena bertemu orang baru yang belum dia kenal. Misalkan saja ketika anak akan digendong atau diajak main kerabat yang belum familiar menurutnya, maka ia akan menangis dan cenderung minta digendong bundanya. Inilah yang dinamakan stranger suspicion. Jenis ketakutan ini biasanya terjadi pada anak usia 6 bulan sampai dengan 1,5 tahun.

Common Fears

Ini adalah ketakutan yang terjadi karena anak takut kepada hal – hal yang bersifat umum. Misalnya saja ketika anak takut ke kamar mandi, takut tidur di ruangan yang gelap, takut dengan binatang milik tetangga dan sebagainya. Penyebab anak mengalami ketakutan common fears ada bermacam – macam.

Itulah beberapa jenis ketakutan yang dialami anak dan harus anda perhatikan. Semoga informasi diatas mengenai Jenis Ketakutan yang Terjadi Pada Anak bermanfaat.

error: Content is protected !!