free geoip Buah Yang Sehat Untuk Ibu Hamil - Bimbingan Konseling

Buah Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Buah yang sehat itu banyak, namun buah apakah yang paling cocok dikonsumsi oleh seorang ibu hamil? Tentunya tidak sembarang buah boleh dimakan ketika hamil. Anda juga harus memilah-milah, buah manakah yang sekiranya dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan baik oleh ibu hamil maupun janin dalam kandungan. Tentunya, selain buah-buahan, para ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran. Tetapi dengan mengkonsumsi buah dan sayuran, itu berarti lebih baik – Karena buah dan sayuran sama-sama menyehatkan dan rendah kalori. Dengan kebutuhan nutrisi yang cukup, otomatis walaupun dalam kondisi hamil, tetap dapat dalam keadaan sehat dan kondisi janin pun juga sehat, karena kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik. Dibandingkan wanita dalam keadaan normal, wanita hamil akan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak.

Kebutuhan nutrisi yang lebih tinggi

Alasan mengapa kebutuhan nutrisi wanita hamil lebih tinggi dibandingkan wanita dalam keadaan normal, karena ada janin yang dikandung. Karena itulah juga, menjadi alasan mengapa makanan yang menyehatkan dan bernutrisi sangat dibutuhkan – Termasuk buah-buahan.

Untuk jenis makanan yang bagus, itu contohnya adalah kacang-kacangan, oats, ikan, daging, sayuran dan tentunya buah-buahan. Kesemua itu akan mengisi satu sama lainnya, mengisi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ketika hamil. Tetapi untuk masalah buah, ibu hamil harus memberikan perhatian lebih, karena tak semua jenis buah itu boleh dimakan ketika sedang dalam kondisi hamil – Ada beberapa yang memang dilarang.

Buah yang bagus bagi kehamilan

Sebelum membahas mengenai buah yang dilarang untuk dimakan ketika sedang hamil, mari membahas terlebih dahulu buah apa saja yang bagus dimakan oleh ibu hamil.

 

 

Buah Kurma

Buah yang Sehat untuk Ibu HamilYang pertama adalah buah kurma. Buah ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, karena di negara Indonesia, banyak sekali penjaja buah kurma bahkan di tepi jalan ketika Ramadhan tiba. Buah ini asli dari negara Arab, dan kandungan gizinya jangan diragukan lagi. Buah kurma memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Mulai dari serat, kalium, besi, fosfor, magnesium, kalsium dan belerang terdapat dalam buah kurma.

Zat besi akan membantu tubuh untuk produksi hemoglobin, karena itu ibu hamil pun akan terhindari dari terjadinya penyakit anemia. Kalium sendiri dapat membantu ibu hamil dalam melawan gangguan kram yang sering terjadi pada masa kehamilan. Buah kurma bagus untuk dikonsumsi pada trimester pertama, tetapi juga pada trimester akhir kehamilan. Itu karena vitamin B dalam buah kurma mampu memperkuat dinding rahim ibu hamil.

Buah naga

buah-naga-tokomesinBuah yang bagus dimakan ketika dalam proses kehamilan adalah buah naga. Sekarang buah naga memang sudah cukup populer juga, bahkan sudah banyak orang yang membudidayakan buah yang kulitnya seperti sisik naga ini. Rasa dari buah naga juga cukup unik dan pasti ibu hamil menyukainya. Khasiat untuk kesehatan dari buah naga sangatlah banyak, khususnya bagi ibu hamil. Salah satu manfaat buah naga untuk ibu hamil yaitu ketika ibu hamil merasa terdapat dahak mengganjal di tenggorokan, dengan bantuan buah naga, dahak tersebut dapat dikeluarkan dengan mudah. Dan lagi, buah naga merupakan jenis buah yang tidak menggunakan pestisida sama sekali dan obat-obatan kimia pembasmi serangga sejenisnya. Berbeda dengan buah yang lain, yang kadang menggunakan pestisida untuk mengusir hama serangga pengganggu.

Itulah buah-buahan yang memiliki manfaat positif untuk ibu hamil. Anda dapat memulai mengkonsumsi aneka buah ini, buah naga dan buah kurma juga sangat mudah ditemukan bahkan di pasar tradisional.