free geoip Bimbingan dan Konseling Islam ditinjau dari Ilmu Dakwah - Bimbingan Konseling

Bimbingan dan Konseling Islam ditinjau dari Ilmu Dakwah

BK Islam ditinjau dari Ilmu Dakwah – Makna bimbingan dan konseling yang secara umum merupakan bantuan yang diberikan kepada individu untuk mengenali dan memahami dirinya sebagai proses pemecahan masalah untuk kebahagiaan dirinya dan keselarasan dengan lingkungannya. Kemudian pemaknaan tersebut diartikan menurut pengertian-pengertian dalam Islam, dimana pemahaman individu terhadap dirinya serta proses-proses pemecahan masalah yang dihadapinya harus difahami dengan merujuk kepada sumber hukum dan sumber nilai Islam yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Bk Islam Dakwah

Source : google image

Dalam pengertian yang diambil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah, makna bimbingan dan konseling diambil dari pengertian kata Al-Irsyad dan Asy-Syifaa. Selanjutnya dari kata Al-Irsyad ini diambil satu pengertian (dari beberapa sisi pengertian) yang berkaitan dengan bentuk dakwah, yaitu bentuk dakwah Irsyad. Bentuk dakwah Irsyad ini menurut Drs. H. Isep Zaynal Arifin M.Ag., (Fak. Dakwah UIN Sunan Gunung Djati) akan menimbulkan ilmu Irsyad yang memiliki kandungan isi diantaranya tentang; ibda bi al-nafs (memulai dari diri sendiri), ta’lim (belajar atau mencari ilmu) dan nashihah (nasehat) yang bisa disebut Ilmu Bimbingan dan Konseling Islam.

Bimbingan dan konseling Islam yang lahir dari ilmu Irsyad Islam sebagai bagian dari ilmu Da’wah Islam memiliki ciri khas tersendiri yaitu konseling religius. Konseling religius merupakan pemahaman tentang konseling yang pengertian-pengertiannya didasarkan kepada pengambilan (hukum) atau istinbath dari sumber pokok yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah, serta pengambilan dari hasil penelitian atau riset-riset yang telah dilakukan, asalkan tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai sumber pokok.

Dari tinjauan di atas yang mana bimbingan dan konseling Islam berasal dari ilmu Irsyad Islam yang merupakan bagian dari ilmu Dakwah Islam, maka pengertian bimbingan dan konseling Islam harus bersumber kepada dakwah Islam. Sehingga dengan demikian bimbingan konseling Islam merupakan pemahaman tentang bimbingan dan konseling secara umum dan tidak dapat dipisahkan dari pemahaman ilmu-ilmu ke-Islaman dan ilmu dakwah.

Bimbingan dan konseling Islam merupakan bagian dari dakwah Islam. Dakwah adalah seruan atau ajakan (ud’uu) untuk mengikuti jalan Allah (ilaa sabili robbika) dengan kebijaksanaan (bil-hikmah) dan suritauladan yang baik (wal-mau’idhoh hasanah) agar mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Dakwah dapat diartikan mengajak manusia dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar sesuai dengan perintah Tuhan untuk kemaslahatan dan kebahagiaan mereka di dunia dan di akhirat [2].
Perbedaan yang mencolok dari bimbingan dan konseling dengan bimbingan dan konseling Islam adalah tujuan akhir yang hendak dicapai dari kegiatan bimbingan dan konseling ini dengan memasukkan segi nilai spiritual serta tujuan akhir manusia yaitu keselamatan atau kemaslahatan akhirat.


[2] Prof. Thoha Jahja Omar M.a., Ilmu Da’wah, 1967, P.N Pertjetakan Negara, Jakarta.