free geoip Atasi Rasa Takut Anak Ketika Pertama Kali Masuk Sekolah PAUD Dengan Trik Ini - Bimbingan Konseling

Atasi Rasa Takut Anak Ketika Pertama Kali Masuk Sekolah PAUD Dengan Trik Ini

Sekolah adalah lingkungan sekunder yang harus diberikan orang tua kepada anaknya. Di sekolah inilah tempat terbaik agar anak bisa berinteraksi dan saling mengenal. Hanya saja, tidak semua anak punya keberanian ketika pertama kali masuk ke sekolah. Apalagi ketika pertama kali masuk sekolah PAUD.

paud

Rasa takut akan dialami anak. Takut ditinggal orang tuanya, takut dijahati dan dijahili teman – temannya dan takut kepada pengajar juga menjadi ketakutan anak ketika pertama kali masuk sekolah khususnya sekolah PAUD. Lantas, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa takut anak ini? Disini kami akan berikan solusinya untuk anda.

Tips Atasi Rasa Takut Anak Ketika Pertama Kali Masuk Sekolah PAUD

Jika anak anda merasa takut ketika pertama kali masuk sekolah PAUD, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan guna mengatasinya. Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa takut anak yaitu :

Ceritakan Seputar Sekolah

Sebelum anda mengirim anak ke PAUD, upayakan anda menceritakan terlebih dahulu hal – hal menyenangkan seputar sekolah. Ini bisa dijadikan tindakan antisipatif untuk mengatasi anak takut ketika pertama kali berada di sekolah.

Jika anak sudah memiliki gambaran tentang sekolahnya, perlahan ia akan mulai memahami dan tahu mengenai kehidupan sekolah dan ia juga tidak akan takut soal sekolah.

Sebelum Memilih Sekolah, Ajak Ia Survey

Jangan anda tentukan sekolah sendiri sesuai minat dan keinginan anda. Karena yang akan sekolah adalah anak, upayakan supaya anda mengajak diskusi anak perihal sekolah seperti apa yang ia inginkan. Kalau perlu ajak ia survey sekolah.

Perkenalkan Guru Dan Teman Sekolah Anak

Agar anak tidak takut ketika pertama kali masuk sekolah, coba untuk menunjukkan kepada guru dan teman yang dikenal buah hati. Jika memang tidak ada satupun yang ia kenal, mulailah perkenalkan ia dengan teman dan gurunya di hari pertama ia masuk sekolah. Beri isyarat jika ia akan baik – baik sjaa disana. Dan tenangkan dia karena hanya anda yang punya cara untuk menenangkannya dari rasa takut J

Semoga informasi yang kami berikan kali ini mengenai Tips Atasi Rasa Takut Anak Ketika Pertama Kali Masuk Sekolah PAUD bermanfaat. Coba terapkan tips yang kami berikan kali ini dan dapatkan hasilnya.