free geoip Akibat Perlakuan Keras Pada Anak - Bimbingan Konseling

Akibat Perlakuan Keras Pada Anak

Beberapa orang tua pastinya memiliki cara tersendiri dalam mendidik dan membuat anak menjadi disiplin, dan salah satunya yang paling sering terjadi dan terkadang dilakukan oleh beberapa orang tua adalah dengan cara kekerasan seperti memukul. Entah itu dengan cara memukul badan, kepala, atau bahkan pantat anak. Terkadang hal ini terjadi pada mereka yang terkadang memiliki anak yang sulit diatur dan keras kepala.

Akibat Perlakuan keras Kepada Anak

Padahal cara tersebut justru akan memiliki dampak yang buruk pada anak. Menurut hasil sebuah penelitian meta analisis mengenai perlakuan orang tua terhadap anak dengan cara memukul pantat pada anak mereka selama lima dekade menunjukkan bahwa semakin seringnya anak mendapat pukulan seperti itu,maka semakin besar adanya keinginan anak untuk melawan dan menentang orang tuanya.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada Journal of Family Psychology menekankan bahwa kebiasaan kebiasaan buruk memukul anak akan memberikan pengaruh buruk pada anak bukan hanya secara sikap saja namun juga secara pemikiran. Sebab dari pengalaman buruk yang sudah mereka alami, pada akhirnya mereka juga akan membentuk pemikiran yang sama terhadap orang tua mereka pada kemudian harinya.

Menurut para peneliti mengatakan bahwa anak – anak yang mendapatkan perlakukan kekerasa secar fisik dari orang tuanya juga akan mengalami gangguan kesehatan secara mental mereka, seperti dalam hal kognitif dan mengembangkan sikap anti sosial dan agresif yang berlebihan.

Selain itu para ahli dan pemerhati anak juga telah menyetujui hal  seperti ini, penelitian lainnya juga dilakukan oleh  Elizabeth Gershoff yang merupakan seorang profesor human development and family sciences dari the University of Texas yang juga menarik sebuah kesimpulan yang hampir sama.

Dan bahkan sikap dan pemikiran sebagai dampak dari kebiasaan memukul ini akan berkembang sampai ia menjadi orang dewasa. Orang dewasa yang memiliki riwayat perlakuan pemukulan ketika masih berusia dini akan cenderung melakukan hal yang sama terhadap anaknya. Berbagai perlakuakn memukul sebagai salah satu cara untuk mendisiplinkan buah hati sebaiknya dihentikan mulai dari saat ini, menyadari bahwa sebenarnya ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk memberi pengajaran yang baik pada anak. Dengan seperti akan mengurangi terjadinya kekerasan dalam rumah tangga.

Jika dilihat dari tujuannya memang baik, yaitu untuk mengatur dan mendisplinkan anak. Namun dibalik itu, cara yang digunakan kurang tepat untuk membuat anak menjadi disiplin dan mudah diatur. Justru akan membuat anak menjadi orang yang berperilaku melawan ketika mereka dewasa. Selain itu, mengajarkan anak dengan cara kekerasan juga justru dapat memberikan pengalaman buruk untuk si anak dan juga dapat mengganggu kesehatan mental mereka. semoga bermanfaat.

 

error: Content is protected !!