Susu Sapi Tidak Baik Untuk Bayi Dibawah Satu Tahun

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa ASI menjadi salah satu asupan yang paling penting dan baik untuk si kecil yang masih bayi. Namun sayangnya tidak semua bunda dapat memberikan ASI ekslusif yang baik untuk buah hatinya karena beberapa alasan tertentu sehingga bunda tidak memberikan ASI pada buah hatinya. Oleh karenanya ada memilih susu menjadi salah satu pilihan yang bunda lakukan sebagai alternatif asupan gizi untuk buah hatinya. Tapi sebenarnya kapan bayi boleh mengkonsumsi susu sapi?

susu-sapi

Menurut para ahli ternyata tidak merekomendasikan pemberian susu sapi untuk si kecil yang masih bayi. Entah itu dalam bentuk susu segar atau bahkan susu bubuk non formula sebelum si kecil berusia satu tahun. Hal ini dikarenakan bahwa bayi yang masih berusia kurang dari  satu tahun memiliki pencernaan yang masih belum bisa mencerna berbagai macam kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu sapi yang diminumnya. Kandungan susu sapi memiliki jummlah yang tidak sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Dalam susu sapi memiliki kandungan protein yang dapat membuat dinding organ pencernaan bayi mengalami iritasi. Pada saat bayi berusia menginjak satu tahun, barulah pencernaan mereka sudah siap untuk bisa menerima manfaat dari susu sapi itu sendiri.

Memang benar bahwa susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. Namun kandungan dalam susu sapi juga membantu mengatur pembekuan darah ketika luka dan membantu kinerja otot agar lebih optimal. Selain itu,susu sapi juga memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang dapat melengkapi kebutuhan energi setiap sehari – hari.

Sebenarnya memang sangat direkomendasikan untuk memberikan susu sapi dua gelas per harinya untuk bayi yang sudah berusia diatas satu tahun. Dengan susu ini dapat membuat gizi bayi tercukupi. Jika lebih dari 3 gelas maka bayi akan kehilangan nafsu makan mereka, padahal si kecil msih membutuhkan asupan gizi lainnya dari berbagai macam makanan sehat.

Nah itulah berbagai informasi mengenai pemberian susu sapi pada buah hati bunda yang masih bayi. Sebenarnya susu sapi memang baik untuk diberikan pada bayi, namun yang perlu diingat adalah memberikan susu sapi hanya bisa diberikan pada bayi yang sudah berusia satu tahun ke atas demi kesehatan tubuh si bayi. Sebagai bunda, tentunya akan melakukan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan buah hatinya, termasuk buah hati mereka yang masih bayi. Jadi wajar – wajar saja jika bunda yang tidak bisa memberikan ASI ekslusifnya akan berpikir untuk memberikan pengganti susu sapi untuk si kecil yang sebenarnya belum bisa mencerna nutrisi dalam susu sapi. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Susu Sapi Tidak Baik Untuk Bayi Dibawah Satu Tahun | Emma | 4.5

Leave a Reply

error: Content is protected !!