Tips Membuat Menghindarkan Anak Dari Kecanduan Game

Jika pada zaman dahulu anak – anak waktu itu lebih memilih bermain bersama teman – temannya untuk melepaskan stresnya, mungkin pada saat ini hal tersebut sudah sangat berbeda. Hiburan untuk anak – anak saat ini memang dengan bermain game dengan gadget yang dapat dengan mudah diunduh di berbagai aplikasi yang bebas dan murah.

Tips Membuat Menghindarkan Anak Dari Kecanduan Game

Sebenarnya ada banyak game menarik yang bisa dimainkan oleh anak – anak pada gadget. Dan biasanya beberapa games juga dapat merangsang kreatifitas, logika, bahasa dan kemampuan sosial. Namun pada kenyataannya, game juga dapat menimbulkan kecanduan pada anak – anak maupun orang dewasa. Nah kalau sudah terjadi seperti ini pastinya sangat membahayakan dan bukan untuk dimainkan sebagai penghibur saja. Sebagai orang tua tentunya mereka memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini. nah untuk mengetahui cara menghindarikan anak dari kecanduan game dan berbagai dampak negatifnya, berikut ini informasinya.

Cek Ratingnya

Nah sebelum anak mengunduh game yang akan mereka mainkan, sebaiknnya orang tua wajib untuk mengetahui rating dari game itu sendiri. Pada rating tersebut akan dijelaskan jenis- jenis gamenya, usia minimal pengguna dan penjelasan berbagai konten yang mungkin memicu kekerasan, bahasa yang kasar dan bahkan yang berbahaya adalah adanya konten seksual pada game tersebut.

Ketahui Efek Negatifnya

Setiap anak memiliki pribadi yang berbeda – beda, namun secara umum penelitian menunjukkan efek negatif yang sama pada anak yang sudah kecanduan game, yaitu berkata – kata kasar, memiliki perilaku agresif, dan juga terkadang mimpi buruk. Selain itu berbagai kekerasan pada anak juga bisa terjadi, ketakutan yang berlebih dan juga kurangnya rasa empati terhadap lingkungan sosial disekitarnya.

Sepakati Waktu Bermain

Orang tua bisa memberikan waktu bermain khusus untuk anak – anak agar tidak setiap waktu mereka bisa memegang gadget untuk bermain. Misalnya saja dengan memperbolehkan anak bermain gadget 2 jam pada hari – hari weekend saja, jika si kecil sudah berhasil melakukan berbagai hal – hal produktif. Dengan cara ini pastinya bunda bisa mengontrol waktu bermain game untuk anak agar tidak terlalu lama bermain gadget.

Memilih Game Berkualitas

Sebenarnya ada banyak pilihan game seru yang dapat diunduh dengan mudah, misalnya saja game – game yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dengan alur bermain yang lebih seru dan game mengolah bahasa. Berbagai game – game yang mendidik tersebut, tentunya dapat meningkatkan produktifitas anak menjadi lebih baik, sekaligus bermain sambil belajar dengan cara yang berbeda.

Pada zaman yang serba canggih ini, pastinya anak – anak akan lebih mudah dan cepat dalam mempelajari berbagai macam cara kerja gadget. Secara teknis, hal ini memang membuat mereka menguasai dengan baik. Namun tetap saja diperlukan adanya kebijakan dan pengawasan yang ketat dari orang tua.

 

Advertisement
Tips Membuat Menghindarkan Anak Dari Kecanduan Game | Emma | 4.5

Leave a Reply

error: Content is protected !!