Strategi Umum Layanan Bimbingan dan Konseling

Strategi Layanan BK – Strategi umum (Grand strategy) yang diterapkan dalam melakukan layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan dan konseling di bidang pendidikan yang didasarkan atas ruang lingkup permasalahan dan pengorganisasiannya seperti di identifikasi Mathewson (1955: 15-17) meliputi tiga strategi utama, yaitu; strategi bimbingan melalui kegiatan kelas, strategi bimbingan melalui layanan khusus yang bersifat suplementer, dan strategi bimbingan yang bersifat komprehensif melalui kegiatan keseluruhan kurikulum dan masyarakat.

Strategy
1. The strategy guidance throughout the classroom
Strategi bimbingan melalui kegiatan kelas dilakukan oleh semua komponen pendidik terutama guru, dan layanan bimbingan dan konseling dilakukan secara konstan dan terus menerus dan terjadi dari menit ke menit, jam ke jam, dan dari hari ke hari pada setip kelas dan di seliruh sekolah. Strategi ini menitikberatkan peran seluruh guru sebagai pemberi bimbingan dan konseling, dengan slogan Every teacher is a guidance worker (Setiap guru adalah petugas bimbingan).

2. The strategy guidance throughout supplementary services
Strategi bimbingan melalui layanan khusus yang bersifat suplementer, sebagai strategi khusus yang menangani masalah individu siswa orang per orang. Strategi ini lebih bersifat bantuan kepada individu-individu siswa secara khusus dan terpisah dalam memberikan pengarahan dan mengadakan pilihan-pilihan dalam situasi khusus tertentu, contohnya dalam perencanaan karir pendidikan (bimbingan karir). Strategi ini dilakukan oleh seseorang yang ahli dan sudah terlatih atau profesional yang sudah dipersiapkan khusus untuk masalah tersebut dengan menggunakan teknik wawancara yang intensif dengan yang memiliki kasus bersangkutan. Strategi ini merupakan strategi tradisional namun masih dipakai khususnya di bidang pendidikan, dan strategi ini telah dilakukan pula untuk proses konseling mengenai pemecahan masalah individu dan sosial.

3. The strategy guidance as a comprehensive process throughout the whole curriculum and community
Strategi bimbingan sebagai suatu proses yang bersifat komprehensif melalui kegiatan keseluruhan kurikulum dan masyarakat. Proses pelaksanaan strategi ini melibatkan seluruh komponen personalia sekolah, dari mulai kepala sekolah, guru dan karyawan sekolah, siswa, orang tua siswa, wakil masyarakat dan konselor. Jadi strategi ini berupaya menciptakan keharmonisan seluruh komponen yang terlibat dan mempunyai tanggungjawab pada bidang pendidikan secara umum di masyarakat sebagai sebuah team untuk berupaya mensukseskan dan meningkatkan kualitas pendidikan oleh semua komponen dan semua pihak terkait. Tujuan utama membentuk strategi yang melibatkan seluruh pihak terkait ini agar proses layanan bimbingan kelas dan bimbingan khusus serjalan baik dan didukung oleh semua pihak sehingga segala permasalahan yang terjadi dapat dicari alternatif solusi terbaiknya.

Advertisement
Strategi Umum Layanan Bimbingan dan Konseling | Emma | 4.5

Leave a Reply

error: Content is protected !!